JACK UP RIG

Jack up adalah platform pengeboran yang kaki-kakinya dapat diturunkan dan dinaikkan sehingga dapat berdiri pada dasar laut dan platform deck dapat diangkat sampai mencapai suatu kedudukan yang dikehendaki dan tidak terpengaruh oleh ombak dan arus laut. Unit geladak harus kedap dan mempunyai bouyancy dan stability yang cukup apabila rig tersebut dirupakan sebagai alat transport selama transit.

Drilling barge, drilling ship, jack up dan semi submersible adalah alat alat yang mobile ( dapat bergerak ); oleh karena itu juga dilengkapi dengan peralatan navigasi dan perlengkapan dynamic positoning system yang berfungsi untuk membantu mobile tersebut untuk tetap berada ditempatnya walaupun dihempas oleh ombak & arus laut. Hal tersebut adalah mungkin oleh system, controller, measuring system, remote thrust control system dan control panel.

Peralatan untuk production ( exploitation )

Peralatan untuk production terdiri dari :

–               Jacket type – fixed steel structure

–               Concrete Gravity Platform

–               Articulated Loading Platform

–               Tension Leg Platform

–               Guyed Tower

Peralatan untuk pelayanan produksi dan peralatan – peralatan lainnya

Contoh-contoh  peralatan untuk pelayanan produksi dan hasil produksi adalah sebagai berikut

–          Storage tank

–          Crane barge – kapasitas crane biasanya bervariasi antara 100 – 750 ton.

–          Pipe laying barge

–          Submersible atau underwater carrier.

Pipa laying barge adalah suatu barge atau kapal yang dipergunakan pemasangan pipa dasar laut. barge tersebut dilengkapi dengan supporting member untuk pipa yang diturunkan kelaut dan tensioner adalah equipment untuk mengatur kedudukan pipa supaya duduk diatas stringer. Pipe laying barge dilengkapi juga dengan bengkel bengkel las, mekanik, dan unit pemeriksaan radiography, juga kadang kadang dipasang juga heavy crane diatas barge. Submersible atau underwater carrier banyak digunakan pada waktu pemasangan peralatan lepas pantai dan untuk pemeriksaan dibawah laut diperlukan juga alat apung sejenis ini.


Struktur Jacup-Rig Tampak atas dan samping


– Contoh Jack Up Lainnya – (offshore-technology.com)


http://www.gustomsc.nl/pagina.php?id=79〈=uk

Download juga ( Klik )

6 responses to “JACK UP RIG

  1. mas,

    mungkin banyakin aja ama pict2nya, kan banyak tuh pict jack up rig, secara tulisannya sudah sangat bagus, hanya terlihat kurang menarik (karena kurang pict-nya). orang kan banyak yg belum tahu apa itu jack up rig, okelah kalau para offshoreman

    salam,

    PHB

    • Terima Kasih Mas (phb7 itu apa)…..

      Insya Allah dalam waktu dekat saya akan sempatkan untuk memperbaiki kekurangan yang ada…

      Thanks mas atas sarannya…..

      Best Regards, Rahmat Riski

  2. thanks pak rahmat,, saya mau nanya biasanya material apa yg digunakan untuk jackup.. dan apakah pengaruh air laut bisa merubah struktur material ..

Leave a comment